MEMILIH ANAKAN SERAMA YANG BERKUALITAS

Anakan ayam serama saat ini lagi jadi primadona di kalangan penghobi ayam serama, terutama bagi yang masih pertama kali ingin mencoba pelihara ayam hias, apalagi saat ini ayam serama lagi meningkat tajam permintaannya diiringi semakin tinggi nya harga untuk membeli ayam serama remaja hingga dewasa yang harganya mencapai jutaan rupiah bahkan lebih. Nah bagi yang memiliki anggaran tipis tidak perlu berkecil hati, masih tetap bisa punya ayam serama dengan cara membeli anakan nya dimana harganya tidak terlalu menguras isi dompet dibandingkan dengan membeli ayam serama yang remaja atau dewasa. Berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba saat membeli anakan ayam serama, meskipun tidak 100% betul, tapi bisa dijadikan acuan awal saat membeli :

Bentuk tubuh anakan ayam serama lebih kecil dibandingkan dengan anakan ayam lain pada usia yang sama dan anakan ayam serama sudah memiliki ciri khas pada bagian leher menyerupai huruf S

Bagian dada anakan ayam serama juga bisa dijadikan patokan akan seperti apa dewasanya nanti, jika memiliki bidang dada yang lebar cenderung akan menjadi jenis apel atau bold, jika memiliki dada yang kecil biasanya jenis Slim, dan saat ini yang sedang menjadi buruan para hobies jika sejak anakan sudah memiliki dada yang sedikit menonjol ke depan dan kepala sudah menarik ke belakang tentunya.

Corak Bulu anakan serama sudah mulai muncul pada usia 2-3 minggu, disertai ekor yang mendongak ke atas dan panjang sayap melebihi tubuhnya.

Kaki anakan ayam serama juga bisa dijadikan patokan apakah nantinya ayam serama ini bisa berdiri tegak atau tidak, jika kaki anakan ayam serama ini memiliki sudut runcing (gambar 1) bisa dipastikan sulit untuk berdiri tegak, sebaliknya jika memiliki sudut tumpul (gambar 2) bisa dipastikan dapat berdiri tegak.

Dan juga perlu diingat juga jika ingin membeli anakan ayam serama, jangan lah fokus pada indukan ayam seramanya, karena indukan yang bagus belum tentu menghasilkan anakan yang bagus juga, demikian juga sebaliknya, meskipun indukannya jelek terkadang menghasilkan anakan yang bagus dan berkualitas.

About these ads

42 responses to “MEMILIH ANAKAN SERAMA YANG BERKUALITAS

  1. ayam serama yang mempesona, unik juga.. dari indukan yang kurang bagus kemungkinan bisa juga menghasilkan anakan yang bagus.
    thanks infonya…

  2. Sangat menarik! Tolong diinfokan, harga anakan serama berapa, dan dimana mendapatkannya? Trims

  3. Aduh pak aq bingung cara memilih serama yang bagus, yang njegleg atau yang tingkahnya attractive mungkin ada yang bisa kasih tanggapan

    • Cara efektif dan termudah, campurkan ayam serama yang dimaksud dengan ayam serama yang usianya lebih tua, kemudian dilihat apakah berani menantang yang lebih tua atau tidak, jika berani berarti ayam tersebut prospek untuk kontes !! trus soal njegleg atau jerkslam pada prinsipnya tergantung dari genetik / galur ayam tersebut dan tidak bisa dikondisikan, latihan sifatnya hanya memperlancar atau melemaskan otot-ototnya agar tidak kaku dan terbiasa jerkslam

  4. berapa harga anakan yg kualitas standard, premium, kontes

  5. pak berapa si harga anakan ayam serama yg usia 1-3 bln. n di mana? klo disurabaya ada ga?

  6. sy pnyaq smwa syarat nya berati bsa ikut kontes donk

  7. saya mau tanya pakan ayam serama apa ya?

  8. siip gan….
    gw pemula ne…
    mohon bimbingan na,….
    thanks.

  9. liat di FB sy gan…
    ad foto na…
    kira2 masuk kelas premium standar………

  10. 1,5 thn ang lalu saya membeli anak”an serama harhanya 2jt lebih.. katanya trah bagus& kelak anak”dari saya sang peternak berani membeli dengan hrg tinggi. eehhh ternyata setelah dewasa ayam tersebut jangankan leher tarik.berdirinya sj kurang tegak.kmemudian say komplin pd peternak.. katanya saya salah perawatan.
    yng sy tanyakan. Apakah saya ketipu/benar saya salah perawatan.???

    • ada 2 macam kemungkinan :
      1. untuk semua jenis hewan termasuk unggas meskipun indukannya bagus belum tentu anakannya ikut bagus juga, pasti ada beberapa yang jelek, lebuh baik melihat dan mempelajari ciri2 fisik dari anakan yang mau dibeli

      2. perawatan sebetulnya hanya proses membantu untuk optimalkan perkembangan pada anakan serama itu sendiri, yang penting dasar fisiknya sudah tegak atau dada sudah membusung dsb tentu lambat laun dengan sendirinya akan tegak, dada membusung dsb.

  11. saya mao tanya agan! mklum pemula banget.saya dapet reperensi dri temen suruh melihara ayam serama.trus ditawarin ayam umur 2 mnggu.nah saya bngung cara membedakan ayam mash sangat kecil itu.tolong penjabaran nya agan2.?sama sekalian tips perawatan nya.

  12. Saya suka sekali infonya,bisa bantu dimana saya bisa dapatkan anakkan ayam serama.harga sepasangnya kisaran berapa ya?terimakasih infonya

  13. gan, saya mau tau harga ayam serama 6 bulan berapa ya? karena saya ada ayam serama janta sekitar -/+ 6 bulan butuh teman ha.., yg standard atau premium? mklum pemula ..

  14. minta tolong gambarnya Pak.. Trims

  15. Agan bagaimana cara agar ayam serama bisa berdiri tegak dan dada’a membusung….
    Mhon bantuan’a…
    Thx…

  16. mau nanya om,anakan serama yg kualitas standart atau yg premium itu brpan ya,…….!!?
    lawang mna om,
    lwang daerah malang jatim bukan,.
    trims

  17. Om anakan serama umur 1-2 bulan kelas premium dan kelas kontes brp + ongkir ke jkt, tks.

  18. mister x barcelonanista

    add meeee

  19. bhannks soelee jr

    D tempat om,indukan serama’y dri trah mna za?????

    • @ Bhannks : kalo trah indukan serama di tempat saya nggak jelas Pak… Tapi yang penting postur memenuhi syarat, genetiknya kuat dan bukan silangan. kalo bicara soal trah, setiap orang bisa kok buat trah sendiri-sendiri, dan belum tentu trah dari yang terkenal keturunannya bisa bagus seperti induknya

  20. maaaf mas ane mau nanya’..?
    saya nie pemula .tapi gwa mau beli ayam serama takut di tipu !.
    gmn y.cara membedakan ayam serama dengan ayam kate.. ?
    thk…?

    • @ Agil : Ayam serama memiliki ciri2 sbb : kaki tidak berbulu, badan kecil-tegak, leher/kepala mengejar ekor ke belakang, sayap lebih panjang daripada mata kaki.
      untuk menghindari tertipu dalam membeli ayam serama ada baiknya langsung membeli di tempat peternakan ayam serama, selain bisa memilih secara langsung juga bisa melihat indukannya

  21. kalo harga telor/anakan yang baru netes kelas kontes brapa gan? kirim ke karawang

  22. Mo tanya gan,pakan yg bgs untk srama yg br netas pa ya? biar ga cpt mati n tetep hidup.

  23. gan sya pnya ayam serama bertelurnya pasti tju butir, tp ya netas pasti 2 ekor, pling bnyak 3 ekor,

    • @an najah : kalo netas maksimala # ekor saja, berarti tingkat insensitas perkawinan tiap harinya sangat kurang, coba diupayakan dalam satu kandang cukup satu pejantan dan maksimal 2 ekor betina. waktu kawin yang baik antara jam 7-10 pagi, sedangkan sore hari jam 3-6 sore

  24. kemarin sy beli sepasang serama 2 juta di pameran flora & fauna lapangan banteng. mahal gak ya ?

  25. bisa..ndak..induk..standrd..melahrkan..anakn..kualitas..kontes..

  26. Gan,sekarang ayam serama umur 2bln s’pasang berapa?yg kualitas premium.thx

  27. maaf gan mw tanya kalo dalam 1 kndang ada 1jantan 2 betina terus di kasih 2tmpt angreman apa tidak ada pengaruh apa pa gan
    mohon bantuannya

  28. berapa usia yg ideal untuk ayam serama kawin pak?

  29. Pak nanya lg emang kalau betina nelor pertama kali bisa menetas enggak pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s