Pakan Serama

JAGUNG
merupakan sumber karbohidrat yang sangat penting bagi ayam serama, terutama pada ayam serama dewasa yang masuk pada masa kawin, sebagai salah satu unsur pembentukan cangkang telur bagi ayam serama betina

BIJI – BIJIAN
Terdiri dari berbagai unsur pola pengganti gizi dan kaya akan vitamin, cocok bagi ayam serama yang menjalani diet maupun pada masa pertumbuhan, agar tidak rancu dalam memilih disarankan cukup memberikan pakan yang sudah jadi seperti pakan kenari

KONSENTRAT / VOOR
Merupakan pakan jadi buatan pabrik, yang memiliki kandungan gizi komplit yang dibutuhkan oleh ayam serama, banyak jenis voor yang ada dipasaran, BR-511 sampai BR-594 masing-masing dibedakan karena komposisi kandungan protein, karbohidrat, mineral dsb . disarankan pemakaian voor ini seminim mungkin, untuk menghindari kegemukan pada serama.

52 responses to “Pakan Serama

  1. klw di kasih deudeuk boleh ga bos?maksih

    • Dedak merupakan pakan unggas pada umumnya, yang mempunyai kandungan protein kasar mencapai 25 persen. pengertian protein kasar adalah nilai serap pada saluran pencernaan dan darah lebih cepat yang akan berkelanjutan pada pembentukan daging.
      Nah… kembali soal boleh tidaknya menggunakan pakan memakai dedak, kembali lagi pada yang empunya serama.
      Trims

  2. maafpak, hanya mau konfirmasi ajj, klo kandungan protein dedak hanya sekitar 10-12% saja. bukan 25%.
    mkasih

    • Betul sekali, ada 2 macam dedak yang dikenal pada kalangan peternak unggas, dedak halus dan dedak kasar atau dikenal dedak brokoh, masing2 memiliki unsur protein berbeda dikarenakan proses pengolahannya dan kandungan air di dalamnya, semakin halus semakin tinggi tingkat proteinnya.

  3. Permisi Mau Tanya Mas
    Knapa Ayam Saya Ngk Mau Berdiri dan nafsu makan kurang?
    apa permalahannya?
    Saya denger2 klo di kasih makan poor terus bisa terjadi lumpuh
    mohon balasanya…

    • Jika ayam serama tidak mau berdiri dan nafsu makan berkurang itu disebabkan kurangnya Kalsium didalam tubuh yang berakibat tubuhnya jadi lemah dan peredaran darah tidak lancar, sehingga nafsu makan berkurang, untuk pengobatan berikan Vitamin B komplek 2x sehari, selang 1 jam diberi kalsium . untuk pemberian Voor atau konsentrat hanya akan membuat ayam menjadi gemuk efek samping lainnya tidak ada. semoga bermanfaat, Thx

  4. Kartono - situbondo

    Pak ayam betina saya kulit telurnya selalu lembek apa obatnya pak ? trima kasih banyak atas jawabannya

  5. Pak pakan untuk anakan ayam serama apa ya?
    dan bagaimana cara melatih ayam serama?

  6. pak apa sih guna dari pakan pepaya?
    dan kalo kandangnya harus suhu brp?

  7. suhu Kandang anakan ayam serama dan ayam serama dewasa brp ya?

  8. bleh giliran d ksik pakan smwa tu om

  9. Pak saya mau nanyak, ayam silang serama betina dikawinkan ayam serama jantan,jadinnya apa ya pak

  10. lo umur 1-2 minggu pakanx di campur pakan induk. pakan induk yg dimaksud ap?

  11. dutajaya : lo anakan umur 20 hari pakanx d kasik beras merah, millet gpp tach???

    • yang dimaksud begini.. disesuaikan aja pakannya, semisal masih diasuh ama induknya biarkan aja ikut pakan induknya, kalo sudah dipisah lebih baik diberi voor dulu, setelah 2 minggu lebih baru dicampur sedikit demi sedikit dengan pakan kenari dan beras jagung

  12. pak mau nanya kalo jangka waktu dan jumlah pemberian makan anakan serama berapa ya soalnya kalao kebanyakan atau kurang ntar takut malah mati

    • untuk pemberian pakan pada anakan serama sedikitnya 2x sehari pagi dan malam atau sore hari, tidak perlu berlebihan, secukupnya saja disesuaikan dengan jumlah anakannya.

  13. dodok darmanto

    pak bagaimana cara beternak serama untuk kalangan pemula
    misalx kandangx belum standar….??????

    • beternak serama pada dasarnya tidak susah cukup mengenal tipikal dari ayam serama :
      1. ayam serama tidak bisa terkena cuaca yang terlalu ekstrim ( terlalu dingin/panas)
      2. menghindarkan serama dari hewan predator adalah hal mutlak
      3. upayakan kebersihan kandang selalu terjaga karena dengan bodi yang kecil, serama rawan terhadap penyakit

  14. bulan lalu sya pelihara sepasang,lalu jantanya di ambil orang,namun betinanya dah bertelur,lalu sya beli lagi sepasang,tp jntan yg bru sy beli gk mw sama betina y pertama,n betina yg lama gk mw mengerami telurnya
    mohon infonya maz, saya bru pemula…

    • Pejantan sebaiknya dipisahkan sementara sama betina nya beberapa hari jangan sampai terlihat satu sama lain. lalu pejantan nta beri 1 siung bawang putih saat pagi hari setiaap 2 hari sekali, lihat hasilnya setelah satu minggu kemudian.

  15. pak mw txa,,
    pkan pling baik buat srama mnghdapi kontes apa pak??
    mksih

  16. trus tnya lgi pak,,
    di kontes tu aym tidak boleh ap sja yg bs bkin ayam kena dis g bleh lanjut kontes??

  17. mksih pak,,
    trus tnya lgi pak,,
    di kontes tu aym tidak boleh ap sja yg bs bkin ayam kena dis g bleh lanjut kontes??

  18. pakannya serama remaja-dewasa campurannya apa saja ya om?

  19. mau tanya pak,ayam serama saya tiap hari sy kasih voor n nasi,sekarang badannya melar n gemuk.gimana cara merubah bentuk badan supaya kembali seperti semula.
    tp kalau tidak makan nasi n voor tidak mau makan,sdh sy kash jagung n beras merah saja tp tidak dimakan.mohon solusinya.trims

  20. mau tanya pak,ayam serama saya tiap hari sy kasih voor n nasi,sekarang badannya melar n gemuk.gimana cara merubah bentuk badan supaya kembali seperti semula.
    tp kalau tidak makan nasi n voor tidak mau makan,sdh sy kash jagung n beras merah saja tp tidak dimakan.mohon solusinya.trims

  21. oy pak mau nanyak ayam serama saya gak mau makan beras jagung,trus solusi gmn dan apa pakan penggantinya?tlong jawabanya,,terima kasih banyak………

  22. Om ayam serama umur 3 bulanan bagus nya dksh pakan apa y om.,
    mohon percerahan nya om,

  23. pak saya mau nanya ayam saya kok sakitnya terus menerus menular satu ke lainnya, hingga meninggal satu persatu, gimana solusinya pak..

  24. mas jenis jagung apa yang baik untuk ayam serama?
    hatur nuhun

  25. om mw tanya usia 1-2 bulan sebaik nya di kasih pakan apa ya om..trus berapa x sehari……. mohon bantuannya…salam serama lover

  26. maaf om mw tanya lagi… klo anakan keluar darah itu di sebabkan kenapa ya om…sama pengobatannya gmna???? di tunggu jawabanya trims

  27. pak sayam au nanya ayam serama paling bagus dan nggak nguras dompet grade A,B atau C yang harganya sekitaran 100 ada nggak

  28. Pak Apakah pakan serama boleh dicampur dalam satu wadah seperti jagung, voor, dan biji2an atau sebaiknya dipisah?

  29. om maaf mau tanya,betina saya nelur baru satu sampe skarang hari kedelapan ga nelur lagi.apa karna pengaruh empan yang cuma saya kasih milet dan jagung aja.trims

  30. apa makanan yg hrs di ksh bil mshj anakan tuk ayam serama

  31. Pingback: Pakan Serama | faishalserama

  32. diberi pakan indukan sudah bisa Pak. kalo soal busung faktor genetik, agar serama tegak itu yg dilatih

  33. Mau nanya pak.. Setiap sy kasih pakan beras merah dan jangung , ayam serama sy selalunya cm makan jagungnya beras merah disisah alias tak dimakan.. Gmana caranya agar ayam serama saya ini memakan jg beras merahnya bukn hanya jangungnya dia makan??? Mhon di bals

  34. @syakir : cara pemberian pakan sama dengan manusia, ayam seramanya di-puasakan seharian, setelah itu coba diberi pakan beras merah aja tanpa jagung.. terapi nya dilakukan minimal 3 hari terus menerus agar terbiasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s