KANDANG AYAM SERAMA

sangkar ayam serama untuk kontes

 

Sangkar Serama untuk kontes


Kandang Intensif Indukan dan Anakan Ayam Serama


Kandang Box untuk Anakan ayam serama


Kandang penangkaran atau umbaran untuk Indukan ayam Serama

Kandang Ayam Serama model Bertingkat

Kandang Ayam Serama model bertingkat saat malam hari memanfaatkan panas lampu pijar sebagai penghangat


85 responses to “KANDANG AYAM SERAMA

  1. Mas saya pemula dan senang ayam Serama, bisa dikirimi ukuran kandang untuk ayam serama yg lebih detail ? Saya mau coba beternak ayam serama. Terima kasih atas bantuan dan infonya

  2. bgus sipppppppppp………
    kapan2 q akan maen kesana!!!!!!!!!!!!

  3. Slamet Djohar Samsi

    apa ada kandang yg di jual,,,,,,,

  4. bos saya peternak pemula, kalo doc serama dilepas di pekarangan baik apa gak??bls y bos

    • untuk DOC ( dibawah umur 1 bulan) ayam serama tidak dianjurkan untuk dilepas dalam kandang penangkaran/ umbaran, dikarenkan pada usia tersebut masih rawan terhadap cuaca dan penyakit.

  5. apa perlu kayu untuk tenggeran pak, kalau tidur ayam serama dewasa apa bertengger?

  6. siang semuanyaa,salam kenal saya jg memiliki ayam seramah,tapi mmg belum tau cara perawatannya,tapi dgn adanya pemberitahuan ini,thx banget,habis saya fikir ayam seramah saya ayam yg gagal tp ternyata ada tipe2nya,jd thx yaaa (eva)

  7. biar telor ngga gebos gimana bos.ayam ku dah bertelor banyak tapi semua telornya ngga keras.kirain cuma pertama aja,tp malah keterusan

    • Untuk pembentukan Cangkang telur diperlukan unsur karbohidrat,mineral dan kalsium, terdapat banyak pada beras jagung, kulit kerang atau sotong cumi, jika kesulitan belinya bisa diganti dengan kalsium tablet atau bubuk mineral untuk ayam petelur, sedangkan kuning telur dibutuhkan unsur protein dengan cara memberikan voor, jangkrik atau ulat hongkong

  8. Bos minta alamatx ya,, mau mampir lhat2 ayam seramax,, thy,,

  9. pak apa sih guna dari pakan pepaya?
    dan kalo kandangnya harus suhu brp?

  10. cara mengatasi flu burung gmn untuk antisipasi jh..thx

  11. bang kami baru mau belajar tentang pemilihan kandang yg baik bagi ayam serama, apa ga mendapatkan efek negatif kalau misalnua ayam serama bersentuhan langsung dengan tanah dalam pembudidayaanya, terus untuk pakan nnya bang seperti apa
    by, lutung dari sidrap

    • Dalam beberapa kali percobaan untuk pengembang biakkan serama,langsung bersentuhan dengan tanah tingkat keberhasilan dalam bertelur cenderung meningkat daripada penempatan pada kandang beralas bambu atau kayu dibawahnya

  12. assalamu’alaikum bisa tidak kirim ayam serama, bila pesan anak ayam ke batam ?

  13. mas saya pemula minta tolong dikirimkan ukuran kandang gambar 2 dan 4 yang detail terimakasih.

    • Ukuran Kandang Serama P:40 X L:40 X T:50 (cm)
      Ukuran ini bisa digunakan dari anakan sampe dengan DOC, yang membedakan adalah penghangatnya yang menggunakan media lampu pijar, dikarenakan tiap daerah beda disarankan menggunakan Thermometer dalam penggunaan lampunya

  14. Saya andik di rembang,cra membedakan ayam serama asli dngn ayam serama silangan,gimana?

    • untuk membedakan secara signifikan antara ayam serama asli dengan yang silangan memang agak sulit, dikarenakan di Indonesia ini masih banyak serama type-type lama edisi tahun 2002, untuk menghindari kesalahan dalam membeli disarankan untuk membeli langsung di peternakan serama terdekat di kota Anda, disamping menghindari beli serama silangan, juga lebih menyakinkan dikarenakan tahu indukannya secara langsung

  15. Muhammad Daffa

    Om lampu untuk ayam serama dewasa, remaja dan yang kecil berapa watt satu lampunya

    • guna lampu pijar adalah sebagai penghangat di saat malam hari atau cuaca dingin, jadi besar kecilnya watt lampu ditentukan juga oleh besar kecilnya kandang serama nya, lebih baik berpatokan pada thermometer suhu saja, untuk anakan serama ideal di suhu 32-36C untuk remaja dan dewasa secara otomatis disesuaikan saja.

  16. Arief Setiawan

    Boz mo nanya, Kandang Intensif Indukan dan Anakan Ayam Serama kalo dijual harganya berapa ? Kalo luar kota bisa kirim kagak ?
    Tq

  17. bos mau tanya apa pakan untuk anakan ayam serama?

  18. Arief Setiawan

    Mohon infonya untuk harga masing-masing kandang ayam. Tq

  19. d pancur ada.hub 0857 6530 5466

  20. bos..ayam serama betina umur 4bulan harga nya berapaan..warna putih n hitam..blz.y..bos

  21. Ada no XL nggak bapak ?

  22. ada nmor hpnya gak gan

  23. saya mau nanya nih, klo anakan serama mulai di pisahkan satu persatu di setiap kurung mulai usia brapa ych..??
    makasih..

  24. kang…supaya telor serama g dicucuk dan cangkang selalu kuat, gmn y kang?

  25. malam kang duta…mau tanya lag neh kang,he….
    untuk kandang serama yang ideal,pa perlu kita kasih lampu?
    antara di tanah atau di ataskah, kandang yang efisien untuk seramah?

    • dikarenakan serama peka terhadap perubahan hawa, ada baiknya diberi lampu pijar sebagai penghangat, besar kecilnya watt disesuaikan aja dengan ukuran kandang, peletakan kandang ada baiknya tidak langsung bersentuhan dengan tanah tujuannya untuk menghindari udara lembab masuk ke dalam kandang.

  26. gan mau tanya…kok ayam saya sudah dua kali betelor….gak mau netas terus…apa perlu lampu pijar pas proses pengeraman? atau ada vitamin dan obat?lalu untuk pakan ayam yg lg ngeram itu ap?

    • @Gus Marmut : tidak perlu lampu pijar dalam proses pengeraman, gagal tetas pada telur ada beberapa penyebabnya :
      1. perkawinan jantan-betina tidak sempurna
      2. indukan jantan/betina belum siap kawin, atau belum masuk masa birahi
      3. kondisi kandang yang terlalu panas

  27. sarannya gimana sekarang gan? soalnya sudah duakali gagal tetas…apa perlu ganti pejantan/betinanya?

    • @ Gus Marmut : tidak perlu ganti pejantan/betina nya, beberapa hal saja yang perlu dilakukan :

      1. Suhu disekitar kandang jangan terlalu panas, sesekali bisa disemprot dengan air
      2. Pakan, ada baiknya pola pakan diberi campuran mineral untuk petelur setiap harinya sesekali juga diberi
      protein, semisal jangkrik atau ulat hongkong
      3. Untuk meningkatkan birahi atau kualitas sperma dan indung telur, untuk pejantan beri Bawang putih 1 siung
      setiap 4 hari sekali potong kecil2 lalu dilolohkan langsung ke mulutnya, untuk betina diberi Vit E atau
      minyak ikan 2 butir setiap 2 hari sekali
      4. Perkawinan yang efektif setiap pagi pukul 6 – 8 pagi, dan sore hari pukul 3-5 sore, jadi selain jam
      tersebut usahakan sebisa mungkin dipisah antara jantan dan betina nya
      5. Kalo yang ini sekedar saran, ada baiknya diberi pejantan lagi, karena semakin sering perkawinan atau
      sperma yang masuk ke dalam indung telur betina, memperbesar kemungkinan telur memiliki bibit anakan.

      Selamat mencoba

  28. trimakasi atas saran.a….

  29. gan kate saya nelor, tp telorny kdang sya pgang karna dy nelorny pindah”.
    kalo sering d pegang telorny jadi gk ya gan??????????

  30. malam kang duta…
    untuk ukuran kandang :
    Panjang = 2m
    Tinggi = 90cm
    Lebar = 80cm
    kemaren udah tak beliin lampu pijar 40watt..
    menurut kang duta bagaimana?
    sekarang posisi ayam sudah menelur masing-masing 3 butir….
    mohon sarannya kang..
    terima kasih

  31. untuk ukuran ideal telor yang di erami berapa ya kang?karna di petarangan ada 10 telur hasil dari 2 babon….

  32. AYAM SERAMA Perlu Vaksinasi…untuk menghindari penyakit!!!
    ini adalah programnya.
    1. Umur 4 hari
    DITETES MATA dengan vaksin Caprivak NBR (ND+IB Aktif) setetes/ekor Untuk mencegah Penyakit Newcastle Disease dan Infectious Bronchitis dalam Jangka Waktu Yang Lama.
    2. Umur 7 hari.
    DiTetes mata dengan Vaksin Caprivak IBD Plus (Gumboro aktif).setetes/ekor
    untuk mencegah Penyakit Gumboro pada Unggas Dan di Subcutan di bagian selaput Atas Leher dengan vaksin CAPRIVAC ND AI-K (ND + AI INAKTIF) takaran 0,2 cc guna menghindari terhadap PENYAKIT Flu Burung dan Penyakit Newcastle Desiase. dalam jangka Waktu lama(catatan Harap direvak/vaksin ulang dengan CAPRIVAC ND AI-K kembali minimal 3 bulan sekali).
    3. Umur 14 hari.
    DiTetes Mulut dengan Vaksin Caprivak IBD Plus (Gumboro aktif).setetes/ekor
    4.Umur 20 hari DITETES Mulut dengan vaksin Caprivak NDR (ND Aktif Untuk mencegah Penyakit Newcastle Disease dalam Jangka Waktu Yang Lama.
    5. umur 25 hari.Di Tetes Mulut dengan Vaksin Caprivak IBD Plus (Gumboro aktif).
    6.umur 30 hari.
    di subcutan dengan Vaksin CAPRIVAC NB-K®(ND+IB Inaktif bentuk Emulsi minyak) takaran 0,3 cc.untuk mencegah penyakit Newcastle Disease and Infectious Bronchitis dalam Jangka Waktu lama harap di revak Ulang 4 bulan sekali.
    7.Umur 42 hari.
    di vaksin POX untuk menghindari Penyakit Cacar pada unggas,Hiprapox di campur dengan pelarut vaksin, alat Tusuk sayap di celupkan ke Vial kemudian di tusuk tembus ke bagian lesi atau membran Sayap.
    8. Umur 67 hari.
    di Vaksin dengan Hipraviar ILT guna mencagah Infectious Laryngotracheitis (ILT) denan cara tetes Mulut.takaran setetes/ekor.
    9. Umur 72 hari.
    di Injeksikan Vaksin IC-VAK (vaksin Infeksi Coriza) mencegah snot,dan flu pada unggas.iNtramuscular bagian otot Paha atau dada takaran 0,5 cc dan di revak pada umur 96 hari.
    10.umur 105 hari.
    di Injeksi atau IM bagian Otot paha atau dada dengan Vaksin CAPRIVAC NBE-K®
    Inactivated ND+IB+EDS ’76 Vaccine mencegah penyakit Newcastle Disease, Infectious Bronchitis, dan Egg Drop Syndrome 76.di awal bertelur.takaran Injeksi 0,3 cc.dan direvak pada Umur 150 hari.

    Selamat Berternak.

    • AYAM SERAMA Perlu Vaksinasi…untuk menghindari penyakit!!!
      ini adalah programnya.
      1. Umur 4 hari
      DITETES MATA dengan vaksin Caprivak NBR (ND+IB Aktif) setetes/ekor Untuk mencegah Penyakit Newcastle Disease dan Infectious Bronchitis dalam Jangka Waktu Yang Lama.
      2. Umur 7 hari.
      DiTetes mata dengan Vaksin Caprivak IBD Plus (Gumboro aktif).setetes/ekor
      untuk mencegah Penyakit Gumboro pada Unggas Dan di Subcutan di bagian selaput Atas Leher dengan vaksin CAPRIVAC ND AI-K (ND + AI INAKTIF) takaran 0,2 cc guna menghindari terhadap PENYAKIT Flu Burung dan Penyakit Newcastle Desiase. dalam jangka Waktu lama(catatan Harap direvak/vaksin ulang dengan CAPRIVAC ND AI-K kembali minimal 3 bulan sekali).
      3. Umur 14 hari.
      DiTetes Mulut dengan Vaksin Caprivak IBD Plus (Gumboro aktif).setetes/ekor
      4.Umur 20 hari DITETES Mulut dengan vaksin Caprivak NDR (ND Aktif Untuk mencegah Penyakit Newcastle Disease dalam Jangka Waktu Yang Lama.
      5. umur 25 hari.Di Tetes Mulut dengan Vaksin Caprivak IBD Plus (Gumboro aktif).
      6.umur 30 hari.
      di subcutan dengan Vaksin CAPRIVAC NB-K®(ND+IB Inaktif bentuk Emulsi minyak) takaran 0,3 cc.untuk mencegah penyakit Newcastle Disease and Infectious Bronchitis dalam Jangka Waktu lama harap di revak Ulang 4 bulan sekali.
      7.Umur 42 hari.
      di vaksin POX untuk menghindari Penyakit Cacar pada unggas,Hiprapox di campur dengan pelarut vaksin, alat Tusuk sayap di celupkan ke Vial kemudian di tusuk tembus ke bagian lesi atau membran Sayap.
      8. Umur 67 hari.
      di Vaksin dengan Hipraviar ILT guna mencagah Infectious Laryngotracheitis (ILT) denan cara tetes Mulut.takaran setetes/ekor.
      9. Umur 72 hari.
      di Injeksikan Vaksin IC-VAK (vaksin Infeksi Coriza) mencegah snot,dan flu pada unggas.iNtramuscular bagian otot Paha atau dada takaran 0,5 cc dan di revak pada umur 96 hari.
      10.umur 105 hari.
      di Injeksi atau IM bagian Otot paha atau dada dengan Vaksin CAPRIVAC NBE-K®
      Inactivated ND+IB+EDS ’76 Vaccine mencegah penyakit Newcastle Disease, Infectious Bronchitis, dan Egg Drop Syndrome 76.di awal bertelur.takaran Injeksi 0,3 cc.dan direvak pada Umur 150 hari.

      Selamat Berternak. info 081342628188

    • leon chandra yaksha

      Wah jdi nmbah ilmu ngopeni serama

  33. malam kang duta
    lampu sudah saya ganti 10 watt,tapi tetep saya nyalakan walau posisi ayam sekarang lagi mengeram,jarak antara lampu dengan ayam 1,45cm, menurut kang duta bagaimana (1)
    untuk memlihara bulu ekor n bulu sayap ayam agar tetap bagus n rapih,gimana ya kang?

    • @ Syahril : untuk jarak lampu 1,45 cm itu apa maksudnya ?? saya nggak ngerti. untuk memelihara bulu dan ekor yang pasti harus sering dimandikan, pemberian vitamin E sebagai penunjang harus sering diberikan paling tidak 3 hari sekali, bulu-bulu kapas (biasanya warna putih) yang banyak terdapat pada paha dan dekat tulang ekor ada baiknya dicabut aja biar kelihatan cantik

  34. oh ya kang da yang kelupaan…
    mengobati ayam BUBULEN gmn ya kang ?

  35. Pingback: kandang ayam kate | Makanan Siap Saji

  36. Pingback: peternakan ayam serama | Makanan Siap Saji

  37. Pingback: Baby Girl Baby Boy » peternakan ayam serama

  38. Pingback: pakan ayam serama | Makanan Siap Saji

  39. Aku butuh kandang untuk kontes. kira2 sampek berapa harganya???

  40. jenengan tidak sedia ta? Atau dimana yang menyediakan?

  41. ukuran kandang kontes itu berapa pak?

  42. ayamnya tambah gemuk aja nih

  43. halo gan. aku pengemar serama kota palangka raya. mau nanya ni. pada bagian mana aja bulu ayam serama yg harus d cabut. apa ayam ku bulunya lebat sekali jadi kelihatan gendut kurang ber body. . makasih gan..

  44. Met siang om duta.mo tnya nich cara memisahkan induk yg sdah ngeram/sdah mnetaskan telor.kira2 brapa lama dapat di satukan lgi dngan pejantanny…trims..

    • @ Ismail : Betina yang sudah selesai mengerami hendaknya dimandikan dulu, setelah 2 minggu baru bisa disatukan lagi dengan pejantannya.

      • Ow gtu om.nah stu lgi sya mo tnya ayam serama sya yg kbetulan bru ntes kmren tgl.25,pi telor yg dia tetes gak mau pcah smua hnya pas pruhny ja yg pcah.tu pnyebabny pa ya om..dan smpe tgl 26..sya liat blom pcah jg ahirnya gagal smua,alias mati smua anakny.apakah msalah suhu.coz di kndang,sya ksih lmpu 24jam gak prnah sya ksih mati.

      • @ Ismail : jika cangkang telur tidak mau pecah ada 2 kemumgkinan :

        1. Cangkang telur terlalu tebal, dikarenakan unsur karbohidrat terlalu berlebihan dan kurangnya mineral
        2. Bibit ayam terlalu lemah, dikarenakan asupan mineral dan protein nya kurang

  45. salam kenal mas duta..saya deni dari riau..saya tertarik untuk budidaya ayam serama..saaat ini sya br punya sepasang ayam serama..yg betina lagi bertelur..ada tips supaya berhasil beternak ayamnya mas..trus saya mau beli yam serama dari mas duta bisakhan?

  46. serama betina umur 3 bulan kualitas biasa kirim k palembang, berapa ?

  47. gan ,kalo anakan serama yg umur 1 minggu harganya kira2 berapa ??

  48. ada gak gan jual anak ayam serama yg usia dibawah 1 bulan

  49. ukuran kndang buat indukan minimal brapa mas……..n tmpat bertengger it prlu nggk?

  50. Salam Kenal buat mas Duta, saya pemula hoby serama. Mau tanya nih mas, kalau buat kandang ukuran perkamarnya P=50cm ; l=50cm ; T=65cm apa cukup ideal untuk 1 ekor serama? trus untuk lantainya saya pakai ram kawat & di bawahnya pakai laci untuk tempat kotorannya. Mohon pencerahannya..terimakasih

  51. Pak serama sepasang umur 2bulan ke Timika-Papua berapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s