AYAM SERAMA in PROGRESS

Iblis Putih in Progress

Baron in Progress


PROSES PENGERAMAN TELUR SECARA ALAMI OLEH INDUKANNYA SENDIRI

HEMAT BIAYA, INDUKAN TERJAGA KELANGSUNGAN HIDUPNYA, ANAKAN YANG DIHASILKAN MEMILIKI DAYA TAHAN TUBUH LEBIH BAIK

Cara Pemeliharaan Anakan Ayam Serama setelah dipisah dari Induknya, dapat dilihat juga pada Blog ini atau klik disini

55 responses to “AYAM SERAMA in PROGRESS

  1. alamat lawang sebelah mana?????
    anakannya berapaan umur 1bulan,bru netas juga gpp

  2. perbedaan serama dengan kate?????
    sekarang banyak tipuan para penjual niiii.
    mhon berbagi ilmunya

    • untuk usia 0-3 bulan memang agak sulit dibedakan antara serama dengan kate, tapi di usia lanjutan bisa di bedakan a.l :
      1. KAKI AYAM, pada kate kakinya timbul bulu2 halus sedangkan serama tidak ada.
      2. BENTUK TUBUH, ayam kate cept tumbuh besarnya dan cenderung bulat dan lonjong, sedangkan serama badannya kecil dan jarak antara
      pangkal leher dengan tulang ekor belakang pendek
      3. SAYAP, pada ayam serama sudah cenderung menjuntai ke bawah, sedangkan ayam kate sayap cenderung ke belakang
      4. KEPALA. pada aym serama kepala yang mendekati ekornya, kebalikan pada ayam kate yang ekor mengejar kepala.

      Perhatikan juga pada saat ini banyak yang menjual hasil silangan ayam serama vs kate atau ayam serama vs ayam jago jawa. disarankan untuk membeli ayam serama langsung pada peternak, karena sejelek-jeleknya ayam serama masih keliatan blood line keasliannya

  3. oke….
    serama q bru bertelur pi kok kecil banget telurnya????????
    knp itu?
    mhon bntuannya

    • Ada 2 kemungkinan :
      1. Jika betina nya grade A tentu telornya lebih kecil dibandingkan dengan betina grade B, dan jangan pernah berharap tuh telor se gede ayam
      kampung atau leghorn
      2. jika telornya terlalu kecil ada kemungkinan kurang karbohidrat dan fosfor, coba porsi makannya ditambahi jagung dan mineral atau kalsium

      • Slamet Djohar Samsi

        Bos aq punya indukan grade a anakan dari Golden Phoenix sepasang, n 1 betina cantik turunan white snow pnya P.Edi Subayang dr palembang……masing2 udh umur 12bln……. mau…..

  4. akhirnya serama q menetas juga!!!!!
    tpi twas 1 cz waktu ntas sndirian gak da temennya////
    merwat ankan agr tetp pndek gmna??????
    tkutnya tak bri mkan pur trus jdi tnggi n besar badannya.
    mhon pnjelasnnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • untuk badan yang pendek atau kecilnya ayam serama dapat dipertahankan dengan mengurangi porsi protein nya, tujuannya agar pencernaan melambat kerjanya sehingga nutrisi yang ada tidak menjadi daging dan tidak mempercepat pertumbuhan, ada baiknya berikan pakan diberikan banyak biji-bijian saja

  5. mas kira kira pakan biji – bijian apa yg bagus agar ayam serama tetap small n apple.. thks…

    • Pakan biji-bijian yang ideal untuk ayam serama yaitu beras jagung dan milet kenari, dikarenakan 2 jenis biji-bijian tersebut rendah protein, ada baiknya diberi tambahan pakan seperti jangkrik atau ulat hongkong 3 hari sekali

      semoga bermanfaat.

  6. bagaimana cara melatih ayam serama agar siap kontes…???

  7. saya punya induk ayam kate, tapi setiap bertelur, telornya di makan sendiri. bagaimana mengatasinya ?

    • kalo kasus seperti itu, dikarenakan kurangnya mineral ditubuh ayam Pak, bisa diatasi dengan pemberian kulit kerang atau sotong cumi, bisa juga dengan diberi bubuk mineral untuk ayam petelur

  8. bng kalo mau beli anakan iblis putih bisa ga ???
    brapa hargany kirim ke pekanbaru sama ongkosnya …
    thx

  9. gan,,
    bLEh gk telur di pisahin ma induknya???
    kalo d kumpulin, tkut d manco_in!!!!

    jawab ya gan.,.,.,.,.,.,

    • Sebaiknya tidak dipisahkan telur dengan indukannya, kecuali mau ditetaskan menggunakan mesin penetas telur., tapi jika yang diinginkan agar indukannya mau mengerami telurnya sendiri, jangan dipisahkan karena indukan memiliki insting untuk mengenali telurnya dan biasanya jika sudah diambil akan sulit terjadi penetasan

  10. pak kira-kira kalo kirim ke tarakan kalimantan timur bisa ya?

  11. pak gmana mgatasi ayam yg makanin telurnya? tlg pak berikan solusi……

    • Jika Indukan serama sering makan/memecahkan telurnya, biasanya dikarenakan kurangnya mineral atau kalsium dalam tubuhnya, jadi saran saya lebih pakan diberi makanan yang tinggi karbohidrat-nya sambil dicampuri oleh bubuk mineral untuk petelur

  12. masudnya indukan serama betina makanin telurnya

  13. Pak saya mau tanya. Berapa hari ayam serama tu memeram telur nya pak.

  14. Met Pagi Pak, serama saya bertelor sampai 16 sekarang kelihatannya belum berhenti, rencana akan saya tetaskan 6 -8 biji saja sisanya digoreng sama cucu, bagimana saran bapak saat ini belum ada tanda2 mengeram … maturnuwun

  15. gan ad ap gx ayam serama yg ad bulu di kaki na…………..

  16. Gan sya baru memulai piara serama dan batu pertama kali piara ayam tersebut,Yg saya tanyakan berapa usia ideal untuk sepasang indukan serama??dan ada perawatan khususkah saat indukan merami telurnya??

    • usia ideal indukan untuk pejantan usia 5 bulan sudah bisa membuahi/kawin. untuk betina sebaiknya di usia 7-8 bulan. perawatan khusus sebetulnya tidak ada, cukup tambahkan vitamin untuk petelur atau komposisi pakan yang harus ditambah dengan mineral/asinan

  17. Gan Tanya!!!
    barusan Serama ku bertelor, tapi telornya kecil banget hanya sebesar Cerry… kenapa tu Gan???
    Trimakasih

    • kalo telornya terlalu kecil, biasanya kurang karbohidrat dan proteinnya pak, coba pemberian pakannya di buat lebih pak terutama yang banyak mengandung karbohidrat seperti beras jagung

  18. gan kalo ayam betina bertelur di pisah ndx ama ayam jantan yae . .

    • kalo masih masa bertelur jangan dipisah, biar telur yang dihasilkan ada reftilnya/dibuahi. kalo proses mengeram lebih baik dipisah saja

      • gan , saya punya ayam serama 3 yg 1 janta yg 2 betina , yg betina dua” bertelur yg kan satu ada pasangan yae yg 1 age ndx gmn to gan kira” jadi ndx telur ayam yg satu yae . .

  19. BOZ ADA APA DGN SERAMAKU KOK KAKINYA GEMETARAN TRUS SETIAP HARI.AKU BELINYA SEMINGGU LALU????

  20. salam kenal kang duta…
    mau tanya neh…
    cara/ tempat pengeraman telur serama yang baik gimana ya kang?
    soalnya kemaren 5 telur gak ada yang menetas..
    terima kasih

    • lam kenal juga..
      begini kang…. untuk tempat pengeraman telur saya beri foto yang di kandang aja

      Telur gagal menetas banyak sebabnya Kang :

      1. Intensitas kawin dengan pejantan kurang, ada baiknya lebih dari satu pejantan.
      2. Udara terlalu panas bisa sebagai penyebab telur jadi kering, biasanya setiap 4 hari sekali sekitar kandang disemprot pake air, untuk menurunkan suhu di sekitar kandang

  21. apa benar jika ayam serama kalau angrem (bahasa jawa) emang lama ta?? karena ayam seramaku sudah 1 bulan masih belum angrem maklum masih pemula

    • sebetulnya masa mulai angrem tidak ada keakuratan tapi bisa dilihat dari ciri2 fisik indukannya, jika setiap didekati ayam yang lain sayapnya dikembangkan atau terbuka biasanya mau memasuki masa angrem

  22. Pak saya punya ayam serama 1 pasang, suatu hari nih ayam saya lepasin di halaman, sorenya saya nemu 1 butir telor dipojokan deket pot2 bunga (mungkin telornya). Solusinya, dah saya buatkan kandang kecil2an diluar & saya kasih eraman sederhana di dalemnya, tpi nih ayam gk mau nelor lgi. Pak minta solusinya biar nih pitik mau nelor lagi & demen ngeramin telor2nya.
    Makasih pak…

    • Buat bang Satya, coba trik praktis ini :
      1. biar telurnya lancar, pakan jangan dibatasi, selalu sediakan pada tempatnya, beri pakan yang banyak mengandung karbohidrat sepeerti beras jagung, jangan lupa diberi campuran mineral.
      2. untuk minumnya diberi campuran EGG STIMULANT, agar telurnya banyak.
      2. biar betina tau tempatnya bertelur buat kotak eraman ( liat contoh digambar) lalu tutup selama 3 hari berturut-turut, jangan lupa sediakan pakan dan minum di dalamnya

  23. Pingback: peternakan ayam kate | Makanan Siap Saji

  24. salam kenal bang,,,
    sy punya serama baru 3 hari menetas sudah boleh untuk di pisahkan sama induknya belum bang??/
    mohon jawabannya…….

    • @ Agus : Salam kenal juga………… Anakan setelah 3 hari bisa dipisah dr indukannya, tapi penempatan dalam box/kandang sebaiknya diberi lampu pijar, sebagai penghangat pengganti panas tubuh induknya.

  25. Gan ma’af nie gangu

    Saya mau kosultasi ni

    Saya masi belum paham betull nie dengan ayam serama saya,
    Boleh invite PIN bb saya gan??
    2A1FE7A8

  26. Gan ma’af nie gangu

    Saya mau kosultasi ni

    Saya masi belum paham betull nie dengan ayam serama saya,
    Boleh invite PIN bb saya gan??
    2A1FE7A8

    Maksih sebelum nya

  27. Bang, ayam serama saya udah bertelor sampe 7 butir, tapi induk betina nya tidak mau mengeram malah matokin dan makanin telurnya sampe habis, gimana yah caranya supaya dia mau ngeramin telornya dan ga makanin telornya lagi padahal saya udah buatin tempat eraman senyaman mungkin bwt betina nya.. oh ya ini kan betina nya masih nelor terus apakah harus dipisah sm yang jantannya??

    • @Titik : ayam yang sering matokin atau memakan telurnya sendiri dikarenakan kurangnya zat mineral didalam tubuhnya, ada baiknya pada masa bertelur mineral dan karbohidrat didalam tubuh indukan tercukupi, untuk karbohidrat banyak terdapat pada jagung pecah, sedangkan mineral banyak terdapat pada tepung ikan atau sotong cumi, atau bisa juga diberikan bubuk mineral yang biasa diberikan pada ayam petelur, banyak dijual di toko pakan ternak.
      pada masa bertelur sebaiknya jangan dipisahkan dengan pejantannya, karna jika dipisahkan, maka jarang kawin yang mengakibatkan telur tidak ada bibit anak nya

  28. makasih sebelumnya ya Bang.. :)

  29. om kalo satu jantan dua betina bagus gk yah? bru dpet betinanya,tpi malh di kejer2 sama betina yg lamany, kira2 bisa akur gk ya dan bagus gk dengan dua betina satu jntan??

    • @Erwin : biar akur biasanya pake metode lama yaitu dua-duanya dimandikan dalam waktu bersamaan, trus dijemur dalam satu kandang yang sama juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s