MELATIH AYAM SERAMA AGAR MAKIN MAKSIMAL

Sebetulnya banyak cara yang digunakan untuk memaksimalkan ayam serama agar dada nya mau membusung secara maksimal, ayam serama membusungkan dada nya biasanya dikarenakan adanya lawan jenis atau pesaing sesama jantan ataupun betina disekitarnya dan juga jika sedang birahi, maka secara naluri ayam serama akan berposisi tegak sambil membusungkan dadanya. pada artikel ini memberikan tips agar busung dadanya bisa maksimal. berikut beberapa cara yang bisa dicoba :

TEKNIK PEMIJATAN

Langkah pertama masukkan ibu jari dan jari telunjuk diselah-selah pangkal sayap ( gambar 1 ) tarik ke dalam dan tahan. Kemudian jari tengah menopang dada bagian bawah dan angkat ke atas ( gambar 2 ). Langkah kedua lakukan pemijatan pada pangkal leher bawah bagian belakang searah ke bawah ( gambar 3 ) lakukan dengan hati-hati usahakan agar kepala ayam serama selalu lurus menghadap ke depan, untuk menghindari cedera / terkilir, lakukan selama 15 – 30 menit setiap harinya.

TEKNIK UNTHULAN

Merupakan teknik kuno tapi cukup efektif, dengan cara menempatkan ayam serama yang dilatih dalam sangkar kawat lalu diluarnya diberi pejantan atau betina lain,  dengan tujuan merangsang naluri emosinya bekerja ( gambar 4 )

About these ads

60 responses to “MELATIH AYAM SERAMA AGAR MAKIN MAKSIMAL

  1. Saya baru membeli ayam serama saya 3 minggu lepas. Sekarang ayam saya masih lagi berlaku liar terhadap saya. Bagaimana cara supaya ayam saya menjadi jinak.
    Saya amat menghargai pertolongan anda….

  2. Om mau tnya pakan yg cocok untuk anakan ayam serama yg baru berumur 2-3bln.pa ya..tanks.

  3. saya mau tanya . saya punya ayam serama umur 3bln gread.B / kelas B bisa di latih menjadi gread.A/ kelasA apa gag om?

  4. matur nuwun sam,nuzul galih mataram NTB

  5. endar rusmianto

    Kalau dari kandang harus gimana bos

  6. kayak mana urut ayam serama nya?
    kurang ngerti..
    mohon di beri bimbingannya ..
    terima kasih

  7. mas kalau d makanin ma jangkrik tau ukat pa ayamnya thu mau mas…

  8. kalau cuma d kasi fur ayam sperti biasa.a gmna..?
    apha bisa maksimal..?

  9. pak gimana cara melatih supaya ayam serama remaja saya mau berdiri tegak, membusungkan dada, dan sayapnya kuat ke bawah,
    Mohon di bls, karna blsan anda sangat bermanfaat bagi saya .

    • kalo struktur tulang dan bodi memenuhi syarat, bisa dicoba dengan ram kawat dondang, langkah kedua bisa dicoba dengan pemijatan, lakukan secara rutin setiap harinya.

  10. slam kenal mas.
    saya bru pnya ayam serama drumah.
    tiap sore itu warna jengger pling blakang itu berwarana item apa hal itu wjar2 saja ya………!!?

  11. pgi mas Duta,
    terimakasih atas balesannya kmarin,skrng ayamnya udh tak ksh lmpu sperti yang mas blank jdi ndak kednginan lagi,

    skarang saya mau nanya lagi nih mas, gmana iya supaya ayam klo action itu lma dan gk matok2 tanah apakah ada cra jitu utk menanganinya,……!!??
    nyelip dkit ayamku ada kutil djenggernya apa ada obtnya ,klo ada nama obtnya apa mas…..!!?
    ditnggu mas blesannya,

    terimakasi

    • kalo suka mematuk tanah biasanya kekurangan kandungan mineral di daolam tubuh, coba di apakannya diberi campuran kulit kerang halus atau sotong cumi. kalo ada kutil di jengger bisa diberi obat salep CIL

  12. mas Duta,kali ini saya mau nanya tentang vitamin utk serama palink cocok itu merk apa ya, coz d pasaran bnyk skali merk2 vitaming..,trus pemberian vitamin itu ckup 1 jenis sja atau bermacam2 ya maz,
    terima kasih

    • vitamin yang paling mudah didapat yaitu VITACHICK, dicampur pada air minum nya. pemberian vitamin untuk keseharian cukup satu jenis saja, jika masuk usia dewasa khususnya betina vitamin dirubah/diganti dengan EGG STIMULANT agar betina mampu bertelur dalam jumlah banyak ( rata2 9-11 butir )

  13. terimakasih mas duta blesannya sngt fast respon bngt….!! tips dr anda sngt membntu bgi saya ,

  14. maz duta sya mau nanya nih,
    slaen cra ngobati kutil pke salep cil itu ada lgi gk,coz beberapa hari ini mondar mandir kpasar ktanya msh ksoog mulu branknya,
    saya liat dlink maz duta bisa pake cabe,tpi agk kran pham apakah bisa pke cabe rawit n lalu harus dlukai dlu tha kutil nya maz,
    tolong coba jelaskan ya maz,
    makasih

  15. nanya nih mas….. met malem. sy punya serama yg baru bertelur pertama kali tp cuma bertelur 4 butir, kenapa ya mas ? thank’s

    • @ Kadarusman : masing2 indukan punya kemampuan berbeda dalam menghasilkan telur, ada yang jumlah banyak ada pula yang sedikit, solusinya pada pakan diberi campuran mineral, dan minumnya bisa dicampur dengan EGG STIMULANT untuk ayam petelur.

      selamat mencoba

  16. MAU NANYA NI MAS..SAYA PUNYA INDUKAN SERAMA KALO TIAP KALI BERTELUR TELURNYA LEMBEK KAYAK TELUR ULAR GIMANA SOLUSINYA…

    • @ i-one : kalo telur lembek berarti kekurangan karbohidrat dan mineral< coba beri tambahan beras jagung, sediakan terus menerus dalam kandang, sedangkan mineral bisa didapat dari kulit kerang atau sotong cumi yang ditumbuk halus, bisa juga pada pakannya diberi campuran bubuk mineral untuk ayam petelur

  17. Salam kenal mas bro..

    saya pemain baru di dunia ayam. minggu kemarin saya beli ayam serama umur 1 tahun dua bulan. dan yang betina umur 4 bulan.

    pertanyaanya:

    1. umur berapa serama bisa bertelur?
    2. apakah ayam serama sulit kawin? saya perhatikan ayam saya selalu gagal kawin. solusinya?
    3. bagaimana memandikan ayam yang benar? apakah perlu disampoin?
    4. ayam serama saya buntutnya agak bengkok. apakah masih bisa di perbaiki?
    5. pemberian makan yang baik seperti apa? saya selalu mengisi makanan, dan gak saya biarin kosong sepanjang hari.
    6.ini yang terakhir mas :D, harga pasaran ayam serama sekarang berapa untuk yang dewasa?

    thx before hand

    Mr Bond- Lampung

    • @ Robbi Azizi : Salam kenal juga…. ok saya akan berusaha menjawab pertanyaan mulai dari yang pertama :

      Betina serama serama masuk usia kawin dan bertelur di usia 8 bulan, sedangkan pejantan masuk usia kawin di usia 5 bulan. jadi tentu saja serama nya sulit kawin karena betina nya masih terlalu muda, semoga ini menjawab pertanyaan yang no.1 dan 2.
      Memandikan serama ada baiknya di sampoin, kegunaannya selain merapikan bulu juga berfungsi menghilangkan kutu pada ayam.
      Mengenai buntut bengkok kalo diperbaiki secara alamiah tidak bisa, satu2 nya jalan melalui operasi kecil, seandainya bengkok nya lari kekanan maka yang dijahit/ditarik yang sebelah kiri, demikian juga sebaliknya.
      Mengenai harga serama saat ini tidak ada patokan yang resmi, karena kembali lagi ke kualitasnya, semakin bagus kualitasnya semakin tinggi juga harga ayam tersebut, demikian juga sebaliknya, dan sekedar saran ada baiknya untuk selalu membandingkan kualitas dan harga ayam dengan yang lainnya.

  18. Mas Tlg Di Blz Ayam Serama Q Jengger Dpnny Rusak Krn Kutil Jd Q Gunting Sdkt, Nantiny Bsa Tumbuh Gx, Atw Gmn Solusi Biar Enak Kelihatan Jenggerny

    • @ Izal sebaiknya dilakukan operasi ringan saja karena sudah terlanjur dipotong, sebaiknya dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman

      • Mas aku krmaren dikasih ayam serama,induk jantan nya tu harganya 200rb itu serama asli gak ya?sebut kan ciri ciri nya
        waktu ideal gunain sangkarkawat itu dari jam berapa sampai jam berapa?
        Ayam ku itu ada yg agak sudah bisa tegak tp dia sukak nya grunduk dan tegak lagi kalau dia khawatir,kaget,kena air kalo hujan,sama kalo betinanya dipegang ma aku .tolong monta solusi nya ya

        trim

        f1rd4u5

  19. Mas cara milih ayam serama asli gimana ya?
    Sama kalo ayam kate /serama di potong bulu/buntut nya bisa tumbuh lagi gak ya?

    Tolong di jawab ya mas segera!

  20. Sekalian ya,ciri ciri ayam serama asli! Please
    Berapa jam waktu ideal ayam serama di jemur?
    Berapa lama waktu ideal menggunakan sangkar kawat untuk ayam serama?(untuk ayam berumur 7bln-1thn)
    Tolong segera dijawab ya ditunggu

  21. Dan kalo gak punya meja ukuran 1kali 1m gimana mas cara ngalatih nya?
    Ayam ku kalo berkokok aneh gak kayak ayam lain nya itu normal gak ya mas?
    Aym ku dah agak bisa berdiri tegak tapi dia lebih sering ngrunduk lagi dan tegak lagi kalo dia kaget adayg nglem par sesuatu ke atas atau kalo pacar nya dia di pegang ma aku

    Tolong minta solusinya

    Trim

  22. Mas duta,salam kenal
    om ini ada beberapa pertanyaan tolong dijawab atau di brri solusi yg tepat ya
    no.
    1.om aku kemaren dikasih ayamserama,tp aku gak yakin ,kalo tu serama asli.tolong minta ciri ciri nya ayam serama ya mas.
    2.Kalo waktu ideal makein ayam sangkar kawat itu dari jam berapa sampai jam berapa ya mas?
    3.Gimana cara nglatih ayam serama agar siap kontes sedang kan kita tidak mempunyai catwlak?
    4.Jika ayam kita sudah agak bisa berdiri tegak tapi dia sering merunduk apa solusi yg tepat agar dia tidak malas untuk berdiri agak tegak?
    5.apakah perkawinan yg biasa dilakukan oleh pasangan ayam yg berkalo kaliatau berlebihan dapat membuat ayam betina stres?
    6.apakah telur ayam yg dipegang oleh tangan kita masih dapat menetas?

    Tolong solusinya ya pm duta

    • @ Firdaus :
      1. Pak, biar lebih mudah untuk menilai ayam serama nya asli atau tidak tolong dikirim aja foto/video nya ke alamat email saya : dutalawang@gmail.com

      2.penjemuran dalam sangkar kawat ideal diwaktu pagi hari jam 7-10 pagi

      3. Nah ini yang susah, kalo ingin melatih ayam agar siap kontes tapi nggak punya catwalk, ibarat tentara disuruh perang tapi nggak pernah diajari berperang, ya susah pak

      4. kalo berdiri tegaknya belum stabil, coba dibuat menjadi kebiasaan, seperti tempat pakan dan minum dalam kandang, diletakkan agak tinggi sebatas leher kepala, kemudian rajin diletakkan dalam sangkar kawat setengah tertutup juga sebatas leher kepala

      5. perkawinan berkali-kali tidak akan membuat ayam betina jadi stress, penting gizi dan vitamin kesehariaanya dicukupi

      6. telur yang dipegag tangan masih bisa menetas, asal tidak terlalu diguncang

      • Firdaus nizzar

        Mas aku cat wlk nya selama ini cuma pake triplek. Persegi panjang ,panjang1 meter lebar 45cm
        Truz takasih karpet
        Itubisa gak mas….?

      • @ Firdaus : catwalknya pake triplek juga nggak pa2 kok pak

      • mas tak kirimin foto nya di facebook nya mas duta
        dah tak kirim foto nya tinggal di jawab nama facebook ku firdaus virdiawan jgn kaget ya mas kok foto nya anak kecil soal nya aku masih klas 6sd hehehehehehe dh di panggil pak ma mas duta gpp mas nama nya juga orang baru kenal hehehehehehe

  23. misi gan..

    sya mau tanya usia berapa ya ayam s bisa dilatih biar berdiri tegak.
    dan tips agar selera makan nya lahap…
    biasa saya pagi” kasi ulat hongkong dan siang kasi pur… bagus gak tuh klo makan nya kya gitu… ?

    makasi

  24. terus kasi makn apa mas, klou voer gak boleh…

    saya kasi ulat hongkong. eh sekarang di jdii gk mau makn voer…. tips nya dong gan… makasi..

    • @ Afly : kalo ayam serama lebih baik jangan diberi makan voer, karena bisa mengakibatkan kegemukan, ulat hongkong itu juga mengandung protein hewani cukup tinggi

  25. mas anakan serama umur 0-1 bln di kasih makan apa? kan ga boleh di kasih makan voer.

  26. cara diatas dilakukan pada ayam serama minimal usia berapa ya?

  27. mas mau tanya cara untuk nglurusin ekor pedangnya gimana soalnya ayam saya sudah ganti bulu kemari dan sekarang ekor pedngnya menjuntai

  28. Mlem gan,,
    sy mw tnya gan, yg prtmaaa,, knpa y sms sy blum dbles2 gan?pdhal sy sudh mnunggu 2hr?

    Prtnyaan kdua,,
    knpa y mas serama sy brtindak kasar,,galak,, dn agresif?? Slaen cra dgn ssring mungkin dpgang ad yg laen lg gk gan??

    Prtnyaan trakhir ni gan,, :D
    menurut anda apkah AYAM SERAMA & SRAMA itu brbeda atw sma gan?? Coz kta tmen sy tu brbeda..

    Tlong sngat pnjelasan ny y gan,,
    trima ksih…

    • @ Putraserama : untuk menurunkan sifat agresif dari ayam bisa dengan cara sering dimandikan dan diumbar bersama dengan yang lainnya. ayam serama dengan srama itu sama aja pak, yang beda cuma tulisannya

  29. Salam kenal mas, mas Kalo membusung dada itu biasanya dari turunan atau kita yg memaksimalkan sendiri?.. Tolong balesannya ya mas..
    Makasih..

  30. Nanya lg mas kalo struktur tulang dan body yg memenuhi syarat itu ciri cirinya gmn mas?.. Tolong di jawab ya mas.. Makasih..

  31. Mas mau nanya sedikit nih, Kalo ayam serama yang baru menetas bagusnya di beri makan apa yah???

  32. mas.dilatih gitu umur brp bulan????? tlg dijawab…………makasih

  33. zainul muttaqin

    sy cuma masih bingung dengan ciri serama asli

  34. Giman mas cara menjahit klo ekor miring

  35. Mau tanya mas saya punya ayam dikasih teman tp ekorx miring,ada tmen kasih solusi
    Disuruh jahit,klo mas ksih tips gmna cra jahit

  36. abdillah al ghafiky

    salam kenal dari bang dilah di jakarta saya mau tanya dimana aja yang dijakarta punya ayam semara tolong kiranya bisa bantu,,,makasih banyak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s