CARA AGAR AYAM SERAMA BETINA MAU MENGERAMI TELURNYA

Ayam Serama betina nya mau kawin, sudah bertelur tapi tidak mau mengerami telurnya… ??? Secara naluri semua jenis unggas betina setelah bertelur pasti mau mengerami telurnya termasuk ayam serama betina, tapi terkadang ada beberapa hal sampai ayam serama betina tidak mau mengerami telurnya :

  • Tidak tersedia nya tempat yang tetap pada waktu bertelur
  • Adanya indukan betina yang sama-sama bertelur  di dalam satu kandang umbaran
  • Adanya Predator / hewan pengganggu seperti kucing, tikus ataupun serangga di dalam atau disekitar kandang umbaran serama
  • Suhu udara terlalu lembab atau terlalu panas di dalam kandang umbaran serama tersebut.

Solusinya dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Siapkan kotak persegi ukuran P 40 X L 40 X T 40 di dalam kandang umbaran serama tadi, sesuaikan dengan jumlah ayam betina serama yang ada dalam kandang
  2. Beri sarang atau alas di dalam kotak tersebut, sarang bisa berupa sekam, kain kaos bekas atau sarang kenari yang banyak di jumpai di pasar burung
  3. Agar ayam serama betina mau bertelur di dalam kotak tersebut, masukkan ayam serama betina dalam kotak lalu tutup dengan kawat ram selama 2 hari berturut-turut tanpa perlu di keluarkan, beri pakan dan minum secukupnya
  4. Jika ayam serama betina setelah 2 hari di letakkan dalam kotak tadi masih saja sering bertelur di tempat lain, coba di ulangi kembali langkah no.3
About these ads

139 responses to “CARA AGAR AYAM SERAMA BETINA MAU MENGERAMI TELURNYA

  1. ayam betina seramah saya kok gmw mengerami ya kenapa?padal sudah ada tempat mengeraminya…makasih mohon bantuan infonya

    • coba di perhatikan setiap hari, apakah ayam serama nya bertelur pada tempat yang sama tiap harinya, langkah kedua apakah ada betina serama yang sama-sama bertelur dalam satu kandang? jika memang demikian buat kotak seperti yang dianjurkan lalu masukkan ayam serama tadi ke dalam kotak lalu di tutupi sementara dengan kawat ram. perhatikan juga bobot ayam serama apakah sudah cukup gemuk untuk mengerami, karena kalo kelewat kurus, ayam serama tidak mau mengerami, ciri khas yang paling mudah dapat dilihat pada bagian bawah dada, adanya tulang yang terlalu menonjol mirip pedang, jika kita pegang langsung terasa tulang itu menandakan ayam kurang gemuk.

      • ayam serama sya mengerami telurx,tpi sya coba menetaskan pkai lampu,kira2 brapa lma ya baru bisa netasnetas??

        dan brapa jarak lampu dan telur?

      • Saya mau tanya gan..saya punya ayam kate betina..tapi ko telurnya cuma tiga?terus bertelurnya 4 hari atau 2 hari sekali bertelur nya.trus bertelurnya dimana aja..tolong solusinya

  2. ayam serama saya mau bertelor d tempat yang sudah di sediakan..
    tapi setelah bertelor ke2 kali dia tidak bertelor lagi dan tidak mau mengerami telornya…
    ayam itu asli dr lombok timur, di bawa ke banyuwangi jatim..
    apa mungkin stres karna perjalanan jauh..
    dan saya tidak punya pejantannya..
    karna pejantan di tinggal d lombok..
    mohon bantuan info..
    trims

    • Ayam serama betina dalam kondisi normal bertelur sebanyak 8 butir, jika terjadi kasus seperti yang Bapak alami ada 2 kemungkinan penyebab :

      1. Ayam dalam periode bertelur sama dengan ayam tersebut dalam kondisi subur dan masa kawin, dikarenakan tidak adanya pejantan maka ayam betina itu dalam kondisi stress, ada baiknya dicarikan pejantan yang siap kawin, lagipula jika tidak ada pejantannya, maka telur yang dihasilkan tidak memiliki bibit untuk jadi anakan atau yang biasa yang disebut telur bonor. Proses pengeraman pada ayam bersifat insting dari ayam tersebut, jika tiba masanya, secara naluri ayam akan mau mengerami telurnya.

      2. Pola makan dan suhu udara juga berpengaruh dalam proses bertelur, coba dicermati kedua hal tersebut dan sesuaikan dengan tempat asal ayam sebelumnya

      Semoga bermanfaat

  3. punya ane satu kandang tak kasih serama betina 3 pejantan 1,,,apa terus dikasih kotak 3 buat ngeramin gan????

  4. gan saya punya ayam serama jantan dan betina umur sekitar 7 bulan, tapi gak bertelur juga padahal tiap pagi udah kawin. gimana gan solusinya?

  5. Hello,
    Ayam serama betina saya sudah memecah kan telur nya sendiri selepas ia bertelur. Boleh saya tahu petua agar ayam saya tidak lagi memecah kan telur nya sendiri.
    Tolong saya….

  6. ayam sy yg betina gq mw kawin ma yg jntn laen tmpet beli gmna solusinya mohon bantu

  7. Salam kenal,saya ingin tanya Pak…kenapa telor ayam serama saya bentuknya sangat kecil mirip telur puyuh,sedangkan teman saya punya besarnya 1\2 kali lebih besar ukurannya.yg saya mau tanya normalkah ukuran telur ayam serama saya?kenapa terjadi perbedaan yg mencolok dg punya teman saya

    • menurut pendapat saya… telur ayam tsb normal, besar/kecil telur bisa disebabkan bawaan genetik induknya atau dikarenakan pakannya, misal jika indukannya kecil jangan berharap telurnya akan besar, tapi lain halnya jika disebabkan pakan semisal kurangnya karbohidrat bisa menyebabkan telurnya jadi kecil atau lembek, jika ingin mencoba bisa diberikan porsi karbohidrat yang lebih. Karbohidrat banyak terkandung dalam jagung. Thx

  8. Tanya!!!
    Ayam Kate saya skarang sedang mengerami telornya.. tp slama 2 Hari ini induknya terus aja mengerami dan gak pernah keluar untuk cari Makan… kenapa itu terjadi??? apakah betul induk pada masa mengerami dia Puasa? hehe

    • semua jenis unggas, jika masuk masa mengerami telurnya memang seperti itu, jarang makan…karena proses mengerami telur menggunakan panas tubuhnya, jika panas tubuhnya mulai berkurang secara alamiah akan turun mencari makanan. Thx

  9. gan ane pnya ayam serama dirmh ayam ane dh bertelur tp ga mw dierami telurnya trus yang ada malah di pecah2in telurnya solusinya gmana biar ayam mw mengerami telur dan tidak di pecahin.

    • kalo suka pecahin telurnya sendiri itu disebabkan kurangnya mineral, coba diberi sotong cumi, kulit kerang atau bubuk mineral, khusus bubuk mineral bisa dicampur sama pakannya atau ulat hongkong

  10. pengaruh nggak klo semisal dalam satu kandang ada ayam zantanya dalam proses pengeraman

  11. ayam serama saya kok gk bisa tegak y?
    gimana caranya agar bisa tegak?
    maksih……

  12. ayam serama sy dh bertelur,dlam 1 reban ade jantan perlu asingkan ke x?

    • jangan dulu pak, tunggu sampe mengeram baru dipisahkan dengan jantannya, kalo sekarang dipisah nanti nggak ada bibit anakan dalam telurnya, kan harus kawin setiap harinya agar ada bibitnya

  13. mas biasanya ayam serama mengeluarkan telulrnya selang berapa hari y???
    soalnya ayam saya baru nelor 1 tp dah 2 hari dy blom nelor lagi, mohon solusinya mas!!

  14. slamat male pa ayam serama betina saya kao bertelur ko telurya slalu dimakn itu knapa pa…..gmna solusinya makasih

    • kalo ayam betina serama suka makan telurnya sendiri biasanya kurang asinan/mineral, solusinya setiap memberi makan, pakan ayam coba dicampure dengan bubuk mineral atau sediakan pada tempat khusus cangkang kerang yang sudah hancur, bubuk mineral banyak terdapat di toko pakan ternak.

      • Pak saya minta soluusi ayam serama saya sudah betelur 2 butir yang satu sudah dimakan induknya yang kedua saya akali telurnya saya tuker ama telur ayam kampung tapi telurnya masih dimakan . Apa kalo setiap serama nya bertelor telornya saya gabung ama telor ayam kampung apa juga menetas. Dan apa serama nya kalo setiap bertelot telor nya diambil serama nya masih mau bertelur

      • @ Lukman : telur serama yang digabungkan dengan eraman ayam kampung ada kemungkinan bisa menetas asal ada bibit/reftil nya, pengambilan telur dari sarang indukan tidak ada pengaruhnya dengan kemampuan indukan untuk berproduksi/bertelur. Indukan yang sering memakan telur itu dikarenakan kurangnya asupan mineral pada tubuhnya.

      • Trimakasih pak atas infonya.
        Sekarang saya sudah mengurung ayam saya slama 2 hari tapi ayam itu saya pakai dengan metode kawin paksa.

  15. oh ya maunanya…mang klo telur ayam pernag kena guncangan gempa…mangnye ga mau menetas ya pa…soalnya kmaren pernah telur ayam srama saya gagal menetas…..makasih

  16. Pak saya punya ayam kampung pny telur 2 tapi kok enggak mau di keremin2 malah terbang2an melulu apa yang saya harus lakukan agar ayam saya mau ngeramin telurnya

    • semua jenis unggas rata2 bertelur 5-14 butir tergantung dari jenisnya, dan pada dasar sifat alamiahnya jika unggas tersebut sudah berhenti bertelur dan kondisi badannya mumpuni dengan sendirinya akan mengeram

  17. Numpang nanya nie gan…
    pas betina’a bi mskin kandang 2 hari sma jantan’a apa sendiri aja..???
    Thx Mhon info’a…

  18. gan mo tanya apakah perabotan yg padat disekitar kandang bisa menggangu pertumbuhan ayam?

  19. gan ayam serama punya saya malah kebalikannya. ayam ku mau kawin,tapi tidak mau bertelur.malah dia suka mengerami telur ayam serama yang lain.ada solusinya ga??sudah sekitar 6 bulan sepeti ini.
    tolong kasih solusinya kalau bisa kirim ke email saya di sigitbayuprakoso.14@gmail.com.
    terima kasih banyak.

  20. tanya dong… selang berapa lama ayam serama mau mengerami telurnya setelah telur pertama keluar? punya saya baru bertelur 4 butir dan macet sudah hampir lima hari…

    • ciri2 serama jika mau masuk masa mengeram biasanya jika didekati pejantan sayapnya akan mengembang/terbuka, jika terjadi “kemacetan” tidak mau bertelur/mengerami telurnya coba diperhatikan berat badan atau suhu badannya, biasanya kurang atau suhu badannya terlalu dingin, coba diberi tambahan protein seperti jangkrik atau ulat hongkong dalam beberapa hari kedepan. karena badan terlalu kurus, sulit sekali untuk mengeram

  21. Numpang tanya gan….!!
    Serama saya mau kawin dan nelor tp gak mau ngeram..sya sudah ikuti saran agan diatas.tp telurnya mlah dimakan gan..akhirnya saya tetaskan pakai ayam kampung gan..tp sekarang gak nelor2 lg.knapa tu ya..??jarang kawin jg gan..

    • kalo betina serama sampe makan atau mematuk telurnya sendiri biasanya kekurangan mineral Pak, pada akhirnya akan susah untuk bertelur, coba pada pakan dicampur bubuk mineral setiap harinya

  22. iya mas…sudah saya kasih banyak makanan, Alhamdulilah hari ini sudah bertelur lagi,…trima kasih atas respon dan jawabannya.

  23. bang mau nnya nih saya punya satu pasang ayam serama indukan terus saya beli lagi ayam serama betina………jadi 1 penjatan 2 betina
    tapi setelah saya gabungkan ayam betina yang baru saya beli dengan ayam betina yang lama mereka berkelahi kenapa ya mohon pencerahan nya?

    • kalo betina satu sama lain berkelahi itu biasa Pak, biasanya karena beda usia. lebih baik dipisahkan sementara dulu atau kalo mau biar akur, sama2 dimandikan Pak, terus dijemur dalam satu kandang.

  24. cara memandikan nya gimana ya biar bersamaan pake semprotan burung atau gimana mohon dicerah kan ya?

    dan mau nanya alas yang baek untuk kandang ayam serama apa ya ?

    • pake semprotan burung juga bisa. alas yang baik untuk kandang sebaiknya dari bambu, dibuat agak renggang, agar kotoran bisa langsung jatuh kebawah, dari segi kesehatan ayam jauh lebih baik

  25. saya mau nanya kugh ayam serama betina sya memakan telurnya sendiri smpe ada satu yg pecah

  26. NUMPANG TANYA…SERAMA KALAU MENGERAMI TELORNYA HINGGA MENETAS BERAPA MINGGU? MAKASIH…

  27. mas saya punya ayam serama 2pasang dan saya ingin mangawinkan nya tetepi pejantannya kok malah mau kelahi sama betinanya gimana solusinya mas

  28. mw tnya ayam serama betina kira2 berhenti bertelur umur brp ya pak?
    trus jg, ayam serama yg udh tua klo d lihat dr fisik bs dr wrna kakinya yg hitam tdk?
    mohon pencerahannya

    • menurut pengalaman saya saat mencapai usia 2 tahun masih produktif, tergantung dari pakan kesehariannya Pak, untuk menentukan usia bisa dilihat dari sayap dan jenggerny, jika jengger sudah merunduk kebawah pertanda sudah lanjut usianya

  29. mau tanya om , biasanya klo ayam serama sudah bertelor kira” ayamnya bkal mengerami engga yg betinanya ??
    info’a om makasih :)

    • secara naluri setiap betina akan mengerami telornya, asal kondisinya mendukung, seprti kondisi kandang harus bebas gangguan dari predator seperti tikus, ular dsb. kondisi panas tubuh betina juga harus cukup dengan cara diberi pakan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat

  30. mas ayam serama saya bulunya melintir,apa obat nya agar bulunya bagus lg
    dan pakan ayam yg banyak mengandung protein ap saja mas
    tolong infonya mas

    • @ Sukadi : cara menyehatkan bulu, upayakan sesekali dimandikan ayamnya, trus jika sudah kering bisa diolesi minyak ikan, dan diratakan dari pangkal bulu sampai ujungnya.

  31. slmt siang, sya mau tya, aym serama sya bertlur tpi tlurnya sring pcah,, gmna solusinya

    • @Ridwan : jika telur serama sering pecah dikarenakan cangkang telur yang tipis, ada baiknya pola pakan diberi tambahan karbohidrat dan mineral seperti jagung misalnya

  32. slmt siang,saya mau tanya,cara efektif supaya ayam serama saya bisa tegap nan gagah gimana ya ????

  33. Serama ane dah 3 minggu betelur dengan 7 telur tapi belum mau mengerami. apakah serama msh mau bertelur lg atau nggak mau mengerami? Thanks.

    • coba diperhatikan ayam nya pak, jika didekati pejantan sayapnya mengembang/terbuka nggak, jika ya berarti mau masuk masa menger4ami, jika tidak berarti masih akan nambah telurnya

  34. mau tanya mas duta saya punya ayam serama sepasang sudah 2 kali bertelur apakah masih bisa produksi lagi dan masa produktif ayam serama betina dan jantan berapa tahun.? makasih sebelumnya

  35. gan numpang tanya ayam serama mulai dikarantina ketika umur berapa bulan…?bagus gak kl sering diumbar..? thanks

  36. gan kemaren ane beli serama jantan 2 juta usia 5 bulan tapi kok liar ya..,,
    gimane cara jinakannya..,,apa sudah terlambat kalau untuk kontes.?makasih gan.

  37. pak saya pemula nih..,kemaren hbs beli serama sepasang udah dipelihara 2 bulan n skrng udah bertelur 10 kata temen2 ga bisa menetas semua.. apa benar ya pak, soalnya sudah saya ksh makan sesuai nutrisinya..trm ksh..

    • @ Amatir : Betul Pak, dari 10 telur tidak semuanya bisa menetas semua, dikarenakan Indukan betina bertelur tidak berdasarkan perkawinan, yang kedua perkawinan tidak selalu sempurna terkadang sperma pejantannya lemah atau indung telur belum siap, yang ketiga terkendala suhu udara, jika terlalu panas kecil kemungkinan telur dapat menetas.

  38. gan ayam serama ane dah bertelur 11 tapi kok belum dierami ya.. apa masih bertelur lagi… gimana caranya biar segera dierami karena selama ini ayam nya ane umbar… thks

  39. mas bisa gak satu ayam serama jantan dikawinkan dengan 3 betina dalam satu kandang umbaran.. minta tipsnya mas makasih banyak..

  40. gan klo ayam serama d bebasin berkeliaran berpengaruh gak…
    dan klo betina 5 dan jantan 5 jg d jdiin satu, bsa gk….?????

  41. ayam serama saya kok bertelur tpi tidak ada lapisan luarnya. kenapa yah ?

  42. Pak mau tanya :
    1) Apakah serama boleh dikasih makan dedak.
    2) Ayam jantan sy berak kapur, obat apa yg bagus … ? dan berapa
    lama pengunaan Obatnya .. ?
    3). Apakah ayam jantan yg berak kapur bisa dijadikan Indukan .. ?

    • @ Kania : ayam serama sebaiknya dihindarkan dari pemberian pakan yang banyak mengandung protein, seperti dedak atau voor, obat yang baik untuk berak kapur banyak tersedia dipasaran seperti Tetra Chlor atau Trymezyn bubuk. Pejantan yang terserang berak kapur tetap bisa dijadikan indukan

  43. Gan Minta Info : Pakan apa yg cocok untuk ayam serama yg dikurung. Sebelumnya sy umbar, tapi setelah dikurung bertelurnya tidak teratur. Padahal waktu diumbar bisa beranak enam. Selama ini sy kasih beras merah dan butiran jagung. Terimakasih.

    • @ Mudjahid : Pakan sebetulnya sama aja, yang membedakan cuma kandungan mineral, kalo diumbar mineral bisa mudah didapat, sedangkan kalo dikurung kan harus diberi, coba diberi tambahan pada pakannya, seperti bubuk mineral untuk petelur atau tepung ikan/kulit kerang/sotong cumi

  44. bang mau tanya .
    kalo misal telur dipecahin terus ya .
    trus kalo misal bertelur lagi telurnya di pisah gimana ?

  45. Mohon pencerahannya pak, ayam serama saya bertelur di sembarang tempat,udah 2 butir.
    Sekarang telurnya saya simpan dikotak yg ada jeraminya trus disimpan dalam kandang.
    Udah sy kurung jg dalam kandang yg ada telurnya tapi kok gak mau masuk kandang lagi utk bertelur ya?
    Thanks..

    • @ Awan Fawzi : betina memiliki masa bertelur, biasanya selang 2-4 hari dari telur kedua akan bertelur lagi, waktu dikurung pada sarangnya minimal 2 hari agar betina nya terbiasa dengan tempat/sarangnya

  46. mau nanya mas, ayam saya bertelur, udah netas 2.. tinggal 1 lagi telurnya, kok dia ga mau ngeram lagi ya?udah 2 hari saya lihat dia cuma foku dengan 2 ekor anaknya. ada solusi pak?

    • @ ichigokulocaki : jika indukan sudah fokus sama 2 ekor anaknya sedangkan telur yang tinggal 1 butir tidak dierami, berarti telur itu tidak ada reftilnya atau tidak ada bibit untuk jadi anak ayam

  47. saya mau tanya pak , saya kan punya ayam serama 2 pasang dan di taro 1 kandang, umurnya saya ga tau tapi tingginya sekitar 12 cm an, kira” bertelurnya kapan yaa … :D mohon bantuannya (NEWBE)

  48. tanya gan.. serama indukan bagus gak diberi gabah sama pur 5 12..?thks

    • @ Gani : Serama Indukan sebaiknya dikurangi pemberian pakan gabah sam pur 512, ada baiknya diberi pakan yang banyak mengandung karbohidrat saja seperti beras jagung

  49. Mkasih bos info yg dtulis,saya hanya nyimak tulisan bos tp sudah ada manpa’atnya
    Oya bos saya maunanya: apa ya epeknya jantan kita kawinkan usia muda????
    Inbok fb saya ya bos
    Maksih

    • @ Fadil : Makasih juga sudah mengunjungi blog ini, jantan yang dikawinkan diusia muda tidak ada efeknya sama sekali, cuma kematangan benih/sperma belum maksimal, usia matang jantan jika masuk di usia 7-8 bulan

  50. gan bisa gak mengawinkan ayam serama indukan dengan anaknya,,apakah ada pengaruhnya untuk keturunannya..

  51. nanya ne mas duta,klo waktu ayam mengerami di kasi lampu bisa ga,,

  52. mas saya mau tanya kenapa setiap ayam klo saat mengerami telor’a , telor’a suka pecah ?? penyebab’a karna apa ???

    • @ Pandu : kalo telor suka pecah, penyebabnya cakang telur terlalu tipis, ada baiknya kandunagn karbohidrat dan mineral pada pakan ditambah agar pembentuan cangkang telur jadi maksimal

  53. mau tanya pak,, telur ayam serama saya agak sdikit retak karena waktu bertelur kayaknya kena benturan,,apakah telur yg retak itu msh bisa menetas?

  54. mau nanya pak,, klo seramanya jantan tpi betina nya ayam kampung ap anaknya ikut jantan atau betinanya,,?

  55. di bagaimana dan di kasih makanan apa yach ayam serama biar cepet kawin

  56. Gan mw tnya,, koq ayam pjantan sy takut n kalah sma betinya??
    Dan apa dstiap awal prkawinan yg baru bila ayam itu berkalahi itu wjar2 aja??

  57. mau tanya mas duta ayam serama saya yang betina sudah umur 2 tahun lebih kok telurnya cuma 7 biasanya 11 apa pengaruh umur ya.. sampai kapan ya ayam serama aktif bertelur bisa tidak lebih dari 3 tahun.. thks

  58. Ayam sy gk Mauu Bertelur Knpa yy
    mohon Bantu ny

  59. bang kenapa y ayam ane udah bertelur 1 tapi gak mau nelur lagi dan gak dierami … mohon pencerahan ya ?

    • @Saputra : faktor utama ayam serama susah utk bertelur ada 2 hal : yg pertama kurangnya asupan gizi utk pembentukan telur seperti karbohidrat, mineral dan protein,karbohidrat mendominasi hampir 60% sebagai pembentuk cangkang telur yg harus diberikan seiring dengan mineral.
      Yg kedua adalah situasi kandang, yg terlalu lembab dpt mengakibatkan induk tidak mau mengerami telurnya.

  60. telur serama ku udh 18 hari tp induknya ga mau ngeram,gmn ne ya??
    udh di USG tp ga ada tanda tanda kehidupan telurnya :D
    tempatnya udh ada tp sibuk ma induk betina jantan lain nya,tolong donk solusinya???

  61. fikri maulana
    saya mau nanya . ayam serama saya betelurnya di sembarang tempat
    padahal saya sudah memberinya sarang

    • @ Fikri : betina bertelur disembarang tempat ada 2 hal yg harus diperhatikan : yg pertama kondisi sarang harus bebas dr hawa lembab, atau tdk langsung bersentuhan dengan tanah dan aman dr gangguan pejantan maupun betina yg lain, dan pastinya bebas dr hewan pengganggu seperti tikus. Hal yang kedua masalah kebiasaan. Cara yg efektif, betina setelah dikawinkan dikurung ditempat sarangnya beberapa hari sampe satu atau dua butir telurnya keluar ditempat sarang yg diinginkan

  62. kak apakah ayam serama jantan perlu di lainkan dengan serama betina dan apa tanda tanda ayam serama betina bertelur

  63. kak apakah ayam serama jantan perlu di lainkan dengan serama betina dan apa tanda tanda ayam serama betina bertelur

  64. fikri maulana nagh ppn

    apakah perlu dilainkan ayam serama betina dng jantan

  65. saya mau tanya , ayam saya selalu mengeluarkan telornya dari sarangnya dengan cara di patoki,,, sarang saya buat dari kaos..

  66. apakah ayam serama jantan perlu dipisahkan dg ayam betina dan apa ciri ciri serama bertelur

    • Gan,q punya ayam kate hitam,putih ή’ coklat kira2 dijual laku ƍàªk ya
      Suda produksi…
      Masing2 Telur 8 netes semua,jadi bingung ♍ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ jualnya…
      Tolong solusinya gan,​†ђąηk ўσυ

  67. ayam betina saye ade tiga tapi saya x tahu kenape ayam seye x mahu bertelur

  68. saya mempunyai sepasang serama yang skrg betinanya sdh bertelur, tapi pejantannya satu hari ini tidak berkokok, kalau lihat kondisi fisiknya sehat2x saja msh aktif dan lincah. kira2x apa penyebabnya pak?

  69. Ayam serama Ŝåŷã Sϋϑa̐н mengerami lebih dari sebulan Ƙ☺Ҩ ga menetas2 ya pak.telurnya Αϑα 12 ∂ɑπ masih dierami terus smp $ekαяαπƍ.mohon pencerahan.tq

  70. kira2 berapa lama selang waktu telurnya menetas selama di erami ?

  71. bg,
    ayam serama ku udh ngerami telurnya slama 21 hari,
    cm dia masih mw ngerami lg,
    apakah masih bisa menetas telurnya?
    mohon penjelasannya ya bg

    • @Ikhwan : jika sudah memasuki hari ke-21 sebaiknya ditunggu saja sampai lewat 3 hari, jika masih belum ada yang menetas telurnya, dapat dipastikan telur tersebut tidak jadi, atau tidak mengandung bibit anak ayam, jdi ada baiknya indukan cepat dimandikan dan telur tersebut dibuang saja

  72. mau tanya dikit ni.,
    kalau ayam serama bru brtelur pertama kali.,bgaimana cara nya biar ayam tsb mw mengerami telurnya..dan misal kan ayam tsb bertelur dgn selang waktu beberapa hari..apakah kondisi telur2 sbelum nya baik2 saja atau malah buruk sebelum induk betina mw mengerami telur nya..mksh dan tlong info nya

  73. Ayam saya udh Bertelor 11 Biji..
    Terus dia ngerami Telornya udh 2hari, Tapi dia suka gelisah, nang ngeram, nanti jalan, nanti ngeram nanti jalan..
    K̶̲̥̅̊ε̲̣̣ŋά̲̣̥þά̲̣̥ yah??
    Sama apa telur nya akan tetap Ɓɪ̣̝̇ڪɑ̤̥̈̊ menetas??

  74. q py anak aym yg salah satunnya di patoki indukny’ sdgkan yg lain tdk…….

    gmana solusiny’..???

  75. salam. mau tanya pak. sy pemula untuk budi daya ayam serama..
    1. ayam serama sy baru bertelur, kira kira untuk jantannya di pisahkan atau tetap dalam satu kandang yg sama..?
    2. untuk betinanya kira kira bertelurnya itu setiap hari 1 atau lebih dri 1 hari..? sebab sy perhatikan telur yg ke 2 setelah 2 hari baru keluarnya.
    3. apa saja makan yg pas buat ayam serama..?
    trims. tolong pencerahannya pak.

  76. Bg, anak ayam yg baru saja menetas misalkan 10 ekor trs barusaja ntas , apakh bisa [d̲̅i̲̅] pisahkan dri induknya,, soalnya anak ayamnya abis kepijak” ibuknya , klw dipisahkan cara dan ditmpatkan dmna,? Thakns..

  77. serama betina agar cepat birahi atau mau kawin gmn bos

  78. gan, mau tanya. bagaimana agar ayam mau mengerami telor nya, ayam saya gak ngeram” gan. thank.

  79. Ass Gan.. mau tanya, brp lama ayam akan bertelur setelah dikawini? tims atas jawabannya

    Salam,
    Fadil

    • @Fadil : ayam betina bertelur tergantung kesuburannya, tanpa dikawini pun betina tetap akan bertelur, tergantung kesuburan dan pola makan yang diberikan
      ada baiknya pola makan banyak mengandung karbohidrat dan protein yang cukup

  80. Boz gmn cr ngebdain ayam serama sm ayam kate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s