Melatih Ayam Serama Berdiri Tegak

Melatih Ayam  Serama agar berdiri tegak ada banyak cara, mulai yang ekstrem sampai dengan “normal” tergantung sama si empunya Ayam Serama. Yang saya lakukan disini adalah bagian yang normal saja, karena nggak tega pakai yang cara ekstrem. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan :

Pemijatan atau Perenggangan

Bertujuan untuk melemaskan otot-otot pada Ayam Serama agar tidak kaku, pertama-tama pegang kaki Ayam Serama menyatu bersama ekor dengan tangan kiri, kemudian tangan kanan memegang kedua sayap bergerak kearah depan kepala, Tahan gerakan sayap tadi selama 3-5 menit lepaskan lalu ulangi kembali dengan posisi tangan kiri tetap menahan kaki dan ekor Ayam Serama. Lakukan peregangan ini dengan perasaan jangan sampai Ayam Serama mengalami kesakitan saat sayap di gerakkan ke arah depan.

Pijat bagian Dada

Bertujuan untuk membentuk dada pada Ayam Serama agar dapat membusung secara optimal. Caranya letakkan Ayam Serama pada permukaan meja dan pastikan kaki berdiri sempurna. Kedua jempol kita menahan tulang ekor ke atas, kedua jari kelingking menahan di belakang kaki, 3 jari sisanya tepat di dada Ayam Serama (seperti dalam gambar) melakukan gerakan ke atas dan tahan, jari telunjuk kiri dan kanan ( tanda panah ) melakukan gerakan mengetuk lembut pada dada Ayam Serama secara bergantian.

Sangkar Kawat

Tempatkan Ayam  Serama pada sangkar kawat dengan tutup setinggi leher, agar Ayam Serama selalu mendongakkan kepalanya jika melihat keluar, tempat kan dari pagi hingga sore hari. Demikian juga pada kandang, tempatkan wadah pakan dan minum juga setinggi leher Ayam Serama.

Demikian tips kilat dari saya semoga bermanfaat, jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan, dan bila pembaca mempunyai tips yang lain bermanfaat bagi seramania silahkan kirim artikel Anda ke email : dutalawang@gmail.com

Terima Kasih.

About these ads

18 responses to “Melatih Ayam Serama Berdiri Tegak

  1. pak pelatihanx untuk serama umuran berapa??

  2. makasih banget buat sarannya moga buat aku yang lagi belajar bisa mencobanya dengan benar.
    samam dari saya arinaz

  3. klok bleh nyk om ap ajk sih yg d nilai pas kontes tolong di komen

  4. matur nuwun maneh sam, nuzul galih arema mataram NTB

  5. pada usia 3bulan ayam serama bisa di latih apa tidak ?

  6. ayam ku sering turun dari meja kalo senang di latih
    gimna ya caranya biar gak sering turun dari meja

  7. saya punya serama sepasang umur kira-kira 3 bulan gimana cara melatih saya biasanya dilepas

  8. thank Q.

  9. gmana caranya supaya memporoleh warna bulu yg cantik

  10. mas duta, kalo cuma piara 1 anakan serama dalam kardus itu gak papa ya mas?

    • lebih baik dibuatkan box saja Pak, pertama untuk menghindari predator seperti tikus, kucing atau binatang yang lain, yang kedua penting untuk sirkulasi udara nya Pak.

  11. thakz atas demontrasiy …..
    lngsung akan sya praktekan …..

  12. gusti.khairullah

    menaruh ayam di sangkar kwt dari pagi hingga sore cara pemberian mkn gimana apa di sangkar kwtnya di taruh juga makananannya

  13. mas emangx melatih ayam serama paling bagusx di mulai pada umur berapa.,.,..,.?
    tolong segera di jawab.,.,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s